Sabtu, 30 Juli 2011

Monster

oleh Abu Ahmad


“Waduh, jahat sekali monster itu!” Fitra merasa gemas  melihat amukan moster dalam sebuah film di televisi.  Monster itu makhluk perusak yang ganas. Apa saja yang menghadang jalannya pasti dihancurkan.
“Ya Allah, alangkah mengerikan monster itu … “
“Fitra, dapatkah kamu bayangkan, ada monster-monster lain yang mengerikan yang mungkin saja kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari?” Ibu Fitra bertanya.
Fitra terdiam mendengar pertanyaan Ibu. Ia harus berpikir dulu sebelum menjawab. Nah, menurutmu, bagaimana jawaban Fitra?

Renungan Singkat tentang Makhluk Jahat
  1. Apakah monster itu makhluk baik atau jahat?
  2. Dapatkah kamu menduga monster-monster lain apa yang dimaksudkan oleh Ibu Fitra? Pernahkah kamu melihat monster tersebut?
  3. Jawaban  apa yang kamu berikan, seandainya kamu adalah Fitra?

“Ibu, yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah sesama kiaa. Mungkinkah yang Ibu mksud monster yang lain itu manusia yang berbuat jahat?”
“Benar, Fitra. Manusia pun dapat bersikap seperti monster. Kita dapat berbuat kerusakan di alam, dapat melukai dan menyakiti sesama. Nah, apa yang kamu lakukan jika menjumpai hal tersebut, Fitra?”
“Jika saya mampu, saya akan ingatkan mereka untuk tidak membuat kerusakan seperti monster. Saya akan doakan mereka agar sadar dan  bertaubat. Mudah-mudahan mereka akan menjadi makhluk-makhluk Allah yang baik . . . “
“Hei … bukankah kita pun harus menjadi hamba Allah yang baik, Fitra?”
“Iya, Bu, Fitra tahu. Allah tidak menyukai hamba-hamba-Nya yang berbuat jahat dan membuat kerusakan di muka bumi!”

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu
  1. Allah menciptakan semua makhluk-Nya dengan kasih sayang. Bukankah sudah selayaknya jika sesama makhluk ciptaan Allah itu saling menyayangi?
  2. Jika kamu merasa ada yang menggodamu untuk berbuat jahat, kepada siapakah kamu meminta pertolongan atau perlindungan? Ingatlah selalu untuk berlindung kepada Allah.

Bacaan
Al-Qur’an surat An-Naas, 114; 7: 199 – 202.

Nukilan Al-Qur’an
Jadilah engkau pemaaf dan serulah orang mengerjakan yang ma’ruf (baik), serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh. Dan jika kamu ditimpa suatu godaan syaithan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” QS 7: 199 – 200

Doa
“Ya Allah, Yang Mahaperkasa, lindungilah kami dari godaan syaithan yang terkutuk dan jauhkanlah kami dari perbuatan yang tidak Engkau sukai. Amiin …..”

+++++++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar