Selasa, 12 Juli 2011

Siapa Menjaga Kita


oleh Abu Ahmad

       Bu Aminah sangat senang karena putrinya yang bernama Fatimah telah dapat membantu urusan rumah tangga. Salah satu ketrampilan Fatimah adalah memasak. Pada suatu hari Bu Aminah meminta tolong kepada Fatimah untuk memasak.
Dengan senang hati Fatimah menyanggupi permintaan ibunya untuk memasak. Apalagi yang akan dibuat adalah makanan kesukaannya. Dengan hati senang dan tenang Bu Aminah pergi meninggalkan Fatimah untuk mengurus suatu keperluan. Mula-mula Fatimah mempersiapkan bahan masakan yang akan diolah. Semua bahan itu dicuci. Ada bahan makanan yang diiris tipis, dipotong dadu. Dan ada pula bumbu yang dihaluskan. Setelah semua bahan siap dimasak, dimasaklah semua bahan itu.
Sambil menunggu masakan matang, Fatimah membaca buku cerita. Angin sepoi berembus menyejukkan, membuat Fatimah merasa nyaman dan mengantuk. Akhirnya Fatimah tertidur.
       Betapa terkejutnya Bu Aminah ketika pulang. Dilihatnya Fatimah tertidur pulas dan masakan hangus! Seandainya kamu adalah Bu Aminah, apakah yang akan kamu katakan kepada Fatimah?

Renungan Singkat tentang Menjaga
  1. Kesalahan apakah yang telah dilakukan Fatimah? Apakah yang seharusnya dilakukan Fatimah? Apakah yang terjadi akibat dia tertidur?
  2. Pernahkah ayah atau ibu meminta pertolongan untuk menjaga adikmu selama beberapa waktu? Atau pernahkah mereka meminta menjaga sesuatu? Apakah kamu melakukan tugas jagamu dengan baik?

Tahukah kamu bahwa kita selalu dijaga Allah dan para malaikat-Nya setiap saat. Allah tak pernah mengantuk, tak pernah tertidut sekalipun kita sedang tidur. Beliau senantiasa menjaga kita dengan penuh kasih saying.
Apa yang kamu perbuat kepada-Nya karena Dia menjagamu setiap saat?

Renungan Singkat tentang Allah dan Kita

  1. Apakah Allah pernah mengantuk dan tertidur saat menjagamu? Mengapa tidak? Bagaimana perasaanmu atas karunia Allah berupa penjagaan dan pemeliharaan atas dirimu itu?
  2. Maukah kamu bersyukur kepada-Nya karena Dia  telah menjagamu dengan penuh kasih saying? Maukah kamu berterima kasih sekarang juga? Ucapkanlah: Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin… Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam….

 Bacaan

Al-Qur’an surat Al-Baqarah, 2: 255

Nukilan Al-Qur’an

“Dialah Allah, tiada Tuhan selain Dia, Yang Mahahidup dan Berdiri (memelihara alam semesta), Dia tidak pernah mengantuk dan Dia tidak pernah tertidur. Bagi-Nya apa-apa yang  di langit dan semua yang ada di bumi…. “
QS Al-Baqarah, 2: 255

Doa


“Aku bersyukur  dan berterima kasih kepada-Mu ya Allah, atas penjagaan dan pemeliharaan-Mu terhadapku selama ini. Tolonglah aku, bantulah aku jika aku diminta menjaga sesuatu oleh sesamaku . Amin.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar