Selasa, 19 Juli 2011

Penaburan dan Panen Raya


oleh:  Abu Ahmad

Ada tiga orang bertetangga akan menanam bibit tanaman. Pak Luthfi akan menabur  benih jagung, Pak Umar akan menabur benih kacang dan Bu Hindun akan menabur benih cabai.
Benih-benih yang ditanam ternyata tumbuh subur. Mereka tumbuh, berkembang, berbuah masak,  dan buah-buahnya siap dipetik.
Menurut kamu tanaman apakah yang akan dituai oleh Pak Luthfi? Tanaman apa pula yang akan dipanen Pak Umar dan Bu Hindun?

Renungan Singkat tentang Panen

  1. Apakah tanaman cabai akan dituai Pak Luthfi? Apakah tanaman jagung akan dituai Bu Hindun? Mengapa tidak?
  2. Apakah kita selalu menuai jenis tanaman sesuai dengan benih yang kita tanam? Pernahkah kita menanam cabai dan menuai kacang? Mengapa tidak?
  3. Jika kita menabur hal-hal yang buruk dalam kehidupan kita, apakah kita dapat menuai hal-hal yang baik?

Pak Luthfi yang menyemai benih jagung akan menuai jagung, pak Umar yang menanam benih kacang akan mendapatkan kacang. Dan Bu Hindun yang menabur benih cabai akan panen tanaman cabai.
Begitulah, setiap orang akan menuai apa yang ditanam. Anak laki-laki atau anak perempuan yang menanam pikiran buruk akan menuai perbuatan buruk pula. Jika kita menanam benih kejahatan dalam hati dan pikiran kita, maka perbuatan jahatlah hasil buahnya. Namun, hal sebaliknya juga terjadi.
Anak laki-laki dan anak perempuan yang menanam benih kebajikan di dalam hati dan pikirannya akan menuai perbuatan yang baik dalam kehidupan. Nah, perbuatan yang baik inilah yang membuat kehidupan di dunia menjadi indah dan menyenangkan.
Panen seperti apakah yang kamu inginkan?

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu

  1. Menurut kamu, pikiran-pikiran yang bagaimanakah yang diinginkan Allah tertanam dalam hati dan pikiranmu? Pikiran-pikiran macam apa pula yang diharapkan tidak tertanam di dalam hati dan pikiranmu?
  2. Alam akhirat adalah Panen Raya. Di sana setiap manusia akan menuai semua benih tindakan dengan sempurna. Perbuaytan yang baik akan mendapayt ganjaran yang baik dan adil. Perbuatan yang buruk pun akan mendapat ganjaran yang setimpal. Tahukah kamu ganjaran bagi masing-masing perbuatan itu?
  3. Apakah yang kamu mohon kepada Allah dalam penyemaian benih perbuatan?

Bacaan

Al-Qur’an surat 26: 84, 2: 110, 53: 31

Nukilan Al-Qur’an

Dirikanlah shalat dan bayarkanlah zakat! Dan apa-apa yang kamu usahakan di antara kebaikan untuk dirimu, niscaya kamu peroleh pahalanya di sisi Allah…” QS 2: 110

Doa

“Ya Allah Yang Mahamulia, sucikanlah hati kami dan pikiran kami agar lahir perbuatn baik (amal ma’ruf) kami yang Engkau ridhai. Berilah kami petunjuk  untuk menapaki jalan-Mu yang lurus. Amin…”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar