Sabtu, 23 Juli 2011

Tanda-tanda dalam Kehidupan


oleh: Abu Ahmad

Ja’far berjalan-jalan bersama ayahnya berkeliling kota. Pemandangan di kota dilahap dengan penuh semangat. Dilihatnya ada taman kota yang ramai, pertokoan, museum, perkantoran, hotel, bank dan kantor-kantor pelayanan masyarakat.
Ada hal yang menarik perhatian Ja’far. Hal itu adalah papan-papan petunjuk. Ada papan yang menunjukkan arah yang harus dituju jika ingin menuju museum. Ada papan yang menunjukkan jarak yang masih harus ditempuh sebelum mencapai perumahan tertentu.
Sungguh, Ja’far ingintahu soal papan-papan itu. Akhirnya Ja’far bertanya kepada ayahnya.
“Ayah, apa sih guna papan-papan petunjuk itu?

Renungan Singkat tentang Tanda-tanda

1.     Ya, tahukah kamu guna papan-papan petunjuk itu? Jika kita ingin mencari suatu tempat, lebih mudah atau lebih sulitkah tempat itu dicapai dengan bantuan papan petunjuk?
2.    Pernahkah kamu merasa jengkel/kesal karena sulit mencari sesuatu? Bagaimana perasaanmu jika ada orang yang memberitahumu  di mana sesuatu itu berada.
Ayah Ja’far menjawab pertanyaan putranya.
“Papan petunjuk itu gunanya untuk memberikan keterangan. Nah, kamu lihat! Papan petunjukyang dipasang di depan kantor itu menunjukkan  nam kantor itu. Papan petunjuk yang mencantumkan jarak yang masih harus ditempuh juga memberikan keterangan. Papan petunjuk yang memberitahukan arah yang harus diambil itu memudahkan orang mencapai tujuan atau supaya orang tidak tersesat.”
“Namun, Ja’far, sesungguhnya Allah pun memasang papan-papan petunjuk di hadapan kita. Papan petunjuk itu disebut ayat-ayat atau tanda-tanda kehadiran dan kekuasaan Allah … “

Renungan tentang Allah dan Kamu

  1. Menurutmu, apa sajakah tanda-tanda kehadiran Allah? Apakah dirimu  juga merupakan tanda kehadiran Allah?
  2. Dapatkah kamu menunjukkan tanda bahwa Allah itu ada? Apa  pula bukti-bukti bahwa Allah Maha Pemelihara?
  3. Bagaimanakah sikap kamu terhadap orang yang meremehkan tanda-tanda kekuasaan Allah?
  4. Tahukah kamu makna pujian terhadap Allah: “Subhana Rabbial A’la wa bihamdihi”? Apakah kamu memuji Allah setiap hari?

Bacaan

Al-Qur’an surat 30: 20 – 26

Nukilan Al-Qur’an
“Dan di antara tanda-tanda-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, dan bermacam-macam bahasa kamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya tentang hal demikian itu menjadi tanda-tanda  bagi orang-orang yang mau tahu.” QS Ar-Ruum, 30: 22.

Doa

“Ya Allah Yang Maha Pemurah, kami mohon kemurahan-Mu untuk memberi petunjuk agar kami memahami tanda-tanda kekuasaan-Mu. Jadikanlah kami , ya Allah, hamba-hamba-Mu yang taat dan selalu berserah diri kepada-Mu. Amiin … “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar