Minggu, 13 Maret 2016

Sombong




“Orang-orang sombong akan dikumpulkan pada hari kiamat dalam bentuk debu yang diinjak-injak oleh manusia”. HR At-Tirmidzi.

Ibn Qayyim berkata:
“Hindari menggunakan tiga kata, tempat tiga kata itu menunjukkan kesombongan; yaitu ana (aku), li (kepunyaanku) dan indi (padaku, milikku).
Kata ana (aku) dipergunakan oleh syaithan (setan) ketika ia berkata: Aku lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”. QS Shad, 38: 76.
Kata li (kepunyaanku) dipergunakan oleh Fir’aun ketika ia berkata: “Hai kaumku, bukankah kerajaan Mesir ini kepunyaanku dan (bukankah) sungai-sungai ini mengalir di bawahku”. QS Az-Zukhruf, 43: 51.
Sedang kata ‘indi (padaku,milikku) dipergunakan oleh Qarun ketika ia berkata: “Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu karena ilmu yang ada padaku”.QS al-Qashash, 28: 78.
Sebaik-baiknya kata ‘indi (padaku) adalah ketika kita berkata: ‘indi dzunuubun katsiirotun – Aku memiliki banyak dosa !
Dan sebaik-baik penggunaan kata li adalah ketika kita berkata: Lii taqshiirun wa isaa-atun – aku mempunyai banyak kekurangan dan kesalahan.
***
Dengan sikap tawadhu, orang lain akan jatuh hati kepada kita. Dengan sikap ini pula kita dapat membawa mereka mengikuti dakwah Islam yang kita serukan. Maka bawalah sikap (tawadhu) ini: kapan pun dan kemana pun.

*dari : “ Al Qur’an Berjalan”.
*****

IJAN – It’s Just a Note: 01.03


Tidak ada komentar:

Posting Komentar